1/22/18

Berikut 3 Gangguan Pada Jaringan Wireless Yang Sangat Sensitif dan Sering Terjadi


Jaringan wireless adalah jaringan yang mengandalkan gelombang elektromagnetik, berbeda dengan jaringan yang menggunakan kabel, selain ribet harus menggunakan banyak kabel untuk menghubungkan satu sama lain, dan mahal penggunaannya, maka disinilah jaringan wireless hadir. Jaringan wireless dibilang sangat simple dan hemat pembiayaan, karena jaringan wireless hadir dengan menghubungkan satu sama lain menggunakan gelombang elektromagnetik, jadi jaringan ini tidak perlu menggunakan kabel untuk menghubungkannya.

Namun, perlu kalian tahu, meski jaringan wireless ini adalah jaringan nirkabel atau tanpa kabel untuk menghubungkannya, ternyata jaringan ini juga dapat terganggu loh!. itu terjadi karena gelombang elektromagnetik yang dipancarkan ke si pengguna sangat lamban dan terganggu oleh gelombang lainnya, dan kejadian seperti ini biasa terjadi pada saat kalian hotspot pada hp teman, atau sedang wifi an di lab sekolah, dan internet yang sobat akses dari hotspot/wifi itu terasa lamban, ini bisa jadi faktor seperti tadi. Biar lebih lengkap lagi, berikut gangguan pada jaringan wireless yang sangat sensitif dan sering terjadi.
1. Terjadinya tabrakan gelombang radio dengan frekuensi yang sama
Interferensi dengan perangkat penghasil gelombang radio dengan frekuensi 2.4GHz. Karena adanya interaksi di dalam suatu daerah, dan disinilah tabrakan terjadi, karena interaksi dari satu sama lain ini, bisa menghasilkan gangguan atau kerusakan pada gelombang, dan disinilah internet ataupun jaringan yang di akses akan melambat. Misalkan cordless phone, mickrowave, perangkat wireless lain yang menggunakan frekuensi sama atau hampir sama.

Contoh interferensi pada gelombang radio

2. Perangkat wireless yang digunakan terkena air atau semacamnya
Gelombang radio dengan frekuensi 2.4GHz ternyata peka loh terhadap air. Perangkat wireless maka cenderung terganggu. Karena energinya terabsorpsi oleh air dan akan menguapkan air, seperti perilaku sebuah kompor mickrowave.

3. Gelombang yang dihasilkan terlalu jauh dan terhalang oleh tembok/bangunan
Nah nomer terakhir nih sob. Perlu kalian tahu yah, gelombang radio/wireless ternyata mudah terganggu loh, oleh bangunan bangunan yang tinggi, pohon-pohon, tembok penghalang, dll yang dapat menghalangi perangkat wireless ke perangkat penerima. Nah jika itu terjadi, energinya akan kurang jika harus melalui benda benda penghalang tersebut.

Contoh gelombang wifi yang terhalang oleh tembok
Gelombang juga dapat dipelajari pada pelajaran fisika di smk, seperti berikut.

Jadi, secara umum gangguan pada wireless net hampir sama dengan wire net, gangguan dapat dikategorikan sebagai noise dan attention, hanya saja mekanisme terjadinya gangguan berbeda.

So, itu tadi pembahasan kita mengenai gangguan pada jaringan wireless yang sering terjadi dan sangat sensitif. Jadi jika sobat lagi wifi an dilab, wifi dan sobat yang lagi wifian terlalu jauh, itu merupakan gangguan seperti dinomer 3 tadi. Mungkin sampai sini saja sobat sudah ngerti yah? hehehe. Saya akhiri ini dengan, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Jangan lupa untuk share ke temen temen kalian yah, supaya blog ini makin dikenal dan dapat memberikan wawasan serta ilmu yang berguna bagi banyak orang, setuju?

No comments:

Post a Comment